Pemilik bisnis yang cerdas telah mengembangkan bisnis mereka dengan selalu mencari cara untuk memperluas basis kontak mereka, memberikan informasi kepada staf dan diri mereka sendiri, dan tetap menjadi yang terdepan dalam industri mereka – dengan cara yang paling hemat biaya. Selama beberapa dekade, pameran dagang telah menghadirkan inovasi industri, jaringan, dan lebih banyak lagi bagi para profesional, tetapi dengan biaya perjalanan yang meroket dan anggaran yang lebih tipis, acara ini telah kehilangan daya tarik. Pakar bisnis Melanie Lindner menulis pada 2009 untuk Forbes.com:
Pameran dagang tradisional adalah kerumitan berukuran pusat konvensi-dan harganya mahal untuk boot. Tambahkan sewa stan dan biaya slot waktu presentasi, iklan, barang-barang promosi dan biaya perjalanan (tidak peduli waktu yang hilang jauh dari kantor), dan tab perusahaan dapat meroket hingga $ 100.000 per pertunjukan. Lempar ke dalam resesi dan sedikit heran bahwa pendapatan pameran dagang keseluruhan ($ 12 miliar pada hitungan terakhir di AS) diperkirakan akan berkontraksi hampir 7% tahun ini [2009].
Pada bulan April 1993, pameran dagang virtual pertama, ConventionView, disajikan dalam bentuk yang paling sederhana. Hanya dalam beberapa tahun, platform yang lebih interaktif akan diperkenalkan, selamanya mengubah cara para pebisnis dapat terlibat satu sama lain dan memungkinkan penghematan waktu dan uang yang signifikan.
Bagi mereka yang masih belum terbiasa dengan teknologi dan pengalaman pameran dagang virtual, kami menyediakan panduan ini.
Apa itu pameran dagang virtual?
Pameran dagang virtual mengambil pengalaman pameran dagang tatap muka tradisional dan menempatkannya sepenuhnya di Internet. Bayangkan kemungkinan yang terbuka untuk staf dan industri Anda pada umumnya: Tidak ada lagi batasan seberapa jauh Anda perlu melakukan perjalanan, berapa banyak anggota staf yang dapat hadir, atau berapa biaya untuk membawa peserta ke sana.
Mirip dengan pameran dagang tradisional, acara ini diadakan untuk jangka waktu terbatas, dan baik peserta pameran maupun peserta memegang peran tradisional mereka, dengan satu pengecualian besar: Semuanya diadakan secara online. Jaringan dengan ratusan kolega dalam beberapa hari, unduh informasi dan berinteraksi melalui obrolan online, atau jelajahi produk dengan menonton video dan mendengarkan podcast. Semua dimungkinkan dengan pameran dagang virtual. Dan Anda tidak perlu mengatur ulang staf kantor sehingga Anda dan tim manajemen Anda dapat hadir!
Apa nilai pameran dagang virtual untuk peserta dan peserta pameran?
Sebagian besar profesional saat ini akrab dengan pertemuan online menggunakan produk seperti GoToMeeting atau Webex. Perusahaan telah mengadopsi produk ini sebagai bagian dari proses kerja reguler mereka karena mereka membantu mengurangi biaya perjalanan dan waktu yang sering terbuang selama pertemuan tatap muka. Dengan mengadakan pertemuan mereka secara online, perusahaan-perusahaan ini menunjukkan bahwa mereka berpikiran maju, dan pameran dagang virtual harus didekati dengan pola pikir yang sama.
Anggaran perjalanan di masa lalu harus terlalu tinggi untuk bisnis yang mata pencahariannya sebagian besar bergantung pada partisipasi dalam pameran dagang. Dengan membawa informasi langsung ke komputer setiap orang, pameran dagang virtual mencapai tujuan yang sama tanpa menimbulkan biaya tinggi. Plus, Anda tidak perlu mencetak materi untuk persiapan pertunjukan.
Peserta pameran dapat melihat laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi karena mereka telah berinvestasi lebih sedikit dan memiliki peluang yang lebih baik untuk menghasilkan penjualan dari prospek yang memenuhi syarat pameran dagang virtual. Platform online menangkap (dengan persetujuan) informasi pendaftaran peserta ketika mereka mengunjungi stan Anda.
Seorang peserta pameran akan mengetahui:
1. berapa banyak pengunjung yang mereka miliki,
2. rata-rata lama kunjungan,
3. hari dan jam berapa mereka berkunjung
4. video apa yang mereka tonton, dan
5. brosur yang mereka unduh.
Bayangkan bagaimana Anda bisa menyesuaikan pemasaran Anda berdasarkan data ini!
Bagaimana cara kerjanya?
Pameran dagang virtual diatur seperti pusat konvensi besar. Mungkin yang terbaik adalah memeriksa penyedia perangkat lunak seperti Expos2 untuk mendapatkan gambaran visual tentang bagaimana Anda akan disajikan dengan informasi tersebut.
Peserta pameran diberikan stan virtual, yang dapat mereka sesuaikan merek untuk bisnis mereka dengan logo, video, brosur, dan banyak lagi. Untuk mempromosikan pengalaman pameran dagang secara keseluruhan, stan dirancang agar terlihat seperti stan pameran dagang yang sebenarnya, dengan pajangan dan pemicu untuk berbagai kegiatan. Peserta mengklik stan virtual dan mereka dapat memilih untuk mengunduh informasi dan brosur peserta pameran, menonton klip video, dan obrolan teks atau video online dengan perwakilan penjualan. Mereka juga dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban real-time melalui obrolan atau email, serta menonton presentasi langsung dan/atau rekaman di berbagai ruang pertemuan.
Apa persyaratan sistem?
Tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan, vi